NIKMATNYA ILMU PENGETAHUAN

Wajib bagi seseorang menuntut ilmu pengetahuan,karena dengan bekal ilmu 
pengetahuan dapat menyelamatkan di dunia dan di akherat kelak,ilmu pengetahuan adalah alat yang sangat penting untuk bekal kehidupan manusia.
Sebagaimana firman Allah dalam AlQur’an surat Al_Mujadalah ,11
Yang artinya:Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantara-mu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapaderajat.
Pepatah mengatakan:Dengan ilmu,kehidupan menjadi mudah, dengan seni, kehidupan menjadi halus/indah,dengan agama hidup menjadi terarah dan bermakna (Prof.Dr.HA Mukti Ali.)
Barang siapa menghendaki kesejahteraan hidup didunia,maka harus di- tempuh dengan ilmu,dan barang siapa menghendaki kebahagiaan hidup di akherat hendaklah ditempuh dengan ilmu,dan barang siapa meng-hendaki keduanya maka hendaklah ditempuh dengan ilmu (Hadts).
Kebodohan merupakan tanda jiwa,terbunuhnya kehidupan dan membusukkan umur,sebaliknya ilmu adalah cahaya bagi hati nurani,kehidupan bagiruh dan bahan bakar bagi tabiat. Kebahagiaan,kedamaian dan ketentraman hati senantiasa berawal dari ilmu pengetahuan, hal itu tejadi karena ilmu pengetahuan menembus yang samar-samar ,menemukan sesuatu yang hilang dan menyikap yang tersembunyi,selain itu naluri dan jiwa manusia itu adalah selalu ingin mengetahui hal-hal yang baru dan ingin mengungkap sesuatu yang menarik.
Kebodohan itu sangat membosankan dan menyedihkan, masalahnya,kebodohan tidak pernah memunculkan hal-hal yang baru, kebodohan berpedoman yang kemarin seperti hari ini,dan yang hari ini pun akan sama dengan yang akan datang (besok).Namun bagi ilmu hari ini sama dengan kemarin termasuk rugi apalagi kalau hari ini lebih jelek, susah untuk menilainya akan berlipat ganda kerugiannya.
Jadi hari ini harus lebih baik dari pada kemarin dan besok harus lebih baik lagi dari pada hari ini dan seterusnya.itulah tuntunan ilmu. Bila ingin senantiasa bahagia tuntutlah ilmu, galilah ilmu pengetahuan dan raihlah pelbagai manfaat,niscaya semua kesedihan ,kepedihan dan kecemasan semua akan sirna dengan sendirinya.Janganlah seseorang sombong dengan harta atau kedudukannya,kalau memang ia tidak memiliki ilmu sedikitpun,sebab kehidupannya tidak akan sempurna.
Alangkah mulianya ilmu pengetahuan,alangkah gembiranya jiwa seseorang yang menguasai ilmu .Alangkah segarnya dada orang yang penuh dengan ilmu,dan alangkah leganya perasaan seseorang yang menguasainya.
Itulah diantaranya nikmatnya ilmu pengetahuan.
SEMOGA BERMANFAAT, AMIN 

Sumber : H. Mudasir Mas’ud

Pengunjung

© Copyright 2019 MAN Pemalang.

Developed by JOGJALAB.COM