Sejarah Singkat

Setelah memperhatikan hal-haldi atas, maka pada tanggal 1 Juli 1979 dewan Guru MTs Negeri Pemalang mengadakan musyawarah untuk mendirikan Madrasah Aliyah dan diputuskan dengan nama Madrasah Aliyah DIPONEGORO.

Musyawarah Dewan Guru saat itu dihadiri oleh :

  1. Drs. Sanuri Rachmat Syah, BcHK sebagai Kepala Madrasah
  2. Mansur, BA                                     
  3. Dimyati, BA                    
  4. Toyibu BA                              
  5. Mohammad Nuh                             
  6. Lukman Syarifudin                           
  7. R.Zabidi                                             
  8. Suharto, Bsc                                        
  9. Hanafi, BA                                    
  10.  Drs. Fatikhin Alfat                            
  11.  Drs. Mudasir Mas’ud                         
  12.  Maknun Haryanto                             
  13.  Mudikartoatmojo                               
  14.  Fatchuri, Bsc                                      
  15.  Nasirin Syamlawi                             

      Selanjutnya berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam nomor :KEP/PP.00.6/398/1983 tanggal 26 Desember 1983 MA Diponegoro ditetapkan sebagai kelas jauh ( Filial ) MAN Pekalongan Kota Pekalongan dengan Pimpinan Madrasah dipercayakan kepada Bapak Mansur, BA  ( Alm ), menempati tanah milik MTs Negeri Pemalang dengan 1 ( satu ) ruang kelas belajar dan 1 ( satu ) ruang Guru dan Kantor Tata Usaha.

         Semakin  bertambah usia, kepercayaan dan animo masyarakat untuk meyekolahkan/memasukkan putra/putrinya ke Madrasah Aliyah semakin meningkat.

         Seiring dengan itu pula Pimpinan Madrasah besama-sama dengan Pengurus BP3 berupaya menambah sarana dan fasilitas yang dibutuhkan untuk kegiatan-kegiatan belajar mengajar dengan mengajukan usulan proyek pengadaan gedung kepada Pemda Tk. II Kabupaten Pemalang maupun jalur Departemen Agama itu sendiri.

         Pada tahun 1991, melalui Surat Keputusan Menteri Agama RI Nomor : 137 tahun 1991 tanggal 11 Juli 1991, MAN Pekalongan filial di Pemalang ditetapkan menjadi MAN Pemalang, sebagai Kepala Madrasah Aliyah dipercayakan kepada Bapak Drs. H. Dullatif ( Alm ).

         Perkembangan MAN Pemalang terus maju dengan pesat seiring kepercayaan masyarakat yang semakin meningkat dibarengi dengan upaya peningkatan jumlah tenaga Guru dan Pegawai serta penambahan sarana pasarananya. Setiap tahun penerimaan siswa baru semakain tidak tertampung yang menyebabkan pihak Pengurus BP3 dan Madrasah berusaha untuk memenuhi kebutuhannya.

         Sejak tanggal 15 April 1999 tejadi pergantian Kepala Madrasah Aliyah Negeri Pemalang dari Drs. H. Dullatif kepada H. Sobirin, BA,  upaya peningkatannya terus dilakukan

         Pada tanggal  04 Januari 2005 Bapak Drs. H. Mudasir Mas’ud,M.Ag ditetapkan sebagai Kepala MAN Pemalang menggantikan Bapak H. Sobirin, BA ( alm ) dan Bapak Drs. H. Mudasir Mas’ud, M.Ag menjabat sebagai Kepala MAN Pemalang selama empat tahun berakhir  pada tanggal 04 Pebruai 2008.

         Kemudian pada tanggal 05 Pebruari 2008 dilantik dan ditetapkan sebagai Kepala MAN Pemalang yang baru yaitu Bapak Drs. H. Affifudin,M.Ag menggantikan Bapak Drs. H. Mudasir Mas’ud, M.Ag yang sekarang menjadi Kepala MAN 2 Pekalongan kota Pekalongan.

         Demikian selayang pandang tentang profil MAN Pemalang, mudah-mudahan dapat bermanfaat dan dimanfaatkan secaa positif dalam melangkah dimasa depan yang belih baik dan sukses. Amin.

© Copyright 2017 MAN Pemalang.

Developed by JOGJALAB.COM