Ikuti Jambore Dunia di Korea Selatan, Vandis Bawa MAN Pemalang Mendunia

MAN Pemalang-Jambore Dunia ke-25 di Korea Selatan, 1-12 Agustus 2023 diikuti  40 ribu peserta. Indonesia mengirimkan 1. 579 termasuk unit leader. Kabupaten Pemalang sendiri mengikutkan 2 wakil peserta yaitu Vandis Alif Ramadhan Rouniq dari MAN Pemalang dan Raffa Pasha Hidayat dari SMA N 1 Pemalang (28/8).

“Menyenangkan, banyak belajar pengalaman dan ilmu yang belum pernah dipelajari, serta teman-teman yang memiliki jiwa solidaritas tinggi,” ujar Vandis.

Menurut Ahmad Najid, selaku Kepala MAN Pemalang ini merupakan suatu prestasi membanggakan untuk MAN Pemalang. Keikutsertaan Jambore Dunia membuktikan bahwa MAN Pemalang merupakan madrasah mandiri berprestasi mendunia. Terpilihnya Vandis memberi inspirasi dan menjadi motivasi bagi adik-adik pramuka lainnya untuk terus giat berlatih dalam kegiatan pramuka. Ajang ini untuk menguji kompetensi diri pramuka MAN Pemalang.

Di tempat terpisah, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pemalang, Mualip yang sekaligus merupakan orangtua Vandis berharap, MAN Pemalang bisa memberikan ruang yang lebih luas, mengambil kesempatan ketika ada kuota terbatas seperti ini. “MAN Pemalang merupakan sekolah yang luar biasa. Sekolah setingkat SLTA berbasis agama. Saya kira pelayanan pendidikan akademik untuk bidang umum juga tidak kalah dengan SMA.  MAN memberikan kesempatan untuk bakat dan minat anak-anak,” ungkapnya.

“Sebagai orangtua, kami sangat mendukung dan bersyukut tentunya. Anak kami mendapat kesempatan mengikuti Jambore Dunia di Korea Selatan. Dan kami bangga, Vandis bisa menyesuaikan situasi yang ada meskipun banyak tantangan yang terjadi di sana, mulai dari cuaca panas yang ekstrem, ancaman badai, tetapi karena memiliki niat dan bakat sehingga bisa mengikuti kegiatan Jambore Dunia dengan baik, dapat beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Ini menjadi pengalaman menarik bagi Vandis dan pramuka Kabupaten Pemalang secara umum serta pramuka MAN Pemalang,” jelas Mualip yang juga pernah menjabat Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pemalang.

Selian itu, Mualip mengungkapkan keikutsertaan Vandis sebagai perwakilan MAN, terkait dengan bakat dan keikutsertaan pramuka sudah tidak asing lagi. Dia memiliki pengalaman dari Siaga, menjadi ketua Barung ketika mengikuti LT 2 dan LT 3. Di tingkat penggalang juga pernah menjadi Kontingen Jambore Daerah di Blora.

Endang Winarsih, selaku Waka Humas MAN Pemalang mengungkapkan, keikutsertaan Jambore Dunia merupakan kebanggaan dan ajang pembinaan generasi muda yang berkualitas, berkarakter, berbudi pekerti luhur.

Hal serupa diungkapkan Kintafanni Tessa Olivia, selaku Kagudep MAN Pemalang, merasa sangat bangga siswa MAN Pemalang ikut serta Jambore Dunia. “Kedepannya pramuka menjadi kegiatan yang menyenangkan, berprestasi, dan mendunia,” pungkasnya.

 

Pengunjung

© Copyright 2024 MAN Pemalang.

Developed by JOGJALAB.COM